Pages

Kamis, 03 Juli 2014

RAKER PENGAJAR NF BANDUNG




Rapat Kerja pengajar Nurul Fikri  atau yang  biasa dikenal dengan  Raker ini kembali di gelar. Kegiatan rutin menjelang dimulainya kegiatan belajar semester baru ini diikuti pengajar Bandung dan Cirebon. Total peserta raker yang ikut diperkirakan sekitar 50-an yang terdiri dari  pengajar pelbagai macam bidang studi. Namun, tidak semua raker bidang studi diselenggarakan di Bandung. Bagi yang pesertanya sedikit, maka rakernya di  Jakarta. Alhasil, BIP dan IPS harus ikut bergabung di NF Jakarta.

Raker  yang berlangsung selama 3 hari, dimulai dari hari Selasa 01 Juli 2014 sampai hari Kamis 03 Juli 2014 ini tampak berbeda  dari raker raker sebelumnya, karena momennya tepat sekali dengan Bulan Ramadhan. Meskipun begitu, semangat para peserta masih tetap membara. Masing masing bidang studi di atur oleh seorang instruktur, yang berperan untuk mengatur dan mengontrol jalannya raker didalam kelas. Instrukturnya sendiri didatangkan langsung dari NF Pusat yaitu Jakarta. Masing masing instruktur menggawangi satu bidang studi.

Lalu apa tujuan raker sebenarnya? Sehingga kegiatan seperti ini harus rutin dilakukan sebelum dimulainya kegiatan belajar mengajar semester baru.? 

Mempertahankan kualitas! Ya itu sekiranya tujuan umum dari raker yang diselenggarakan selama tiga hari berturut turut ini. Kualitas yang seperti apa?. Tentu bermacam macam. Mulai dari mempertahankan kualitas soal - soal yang diajarkan, kualitas pengajar, kualitas konsep mengajar, dan kualitas pemikiran jawaban. Satu bidang studi bisa dikerjakan beberapa pengajar, yang notabene pemikiran mereka juga berbeda dalam menanggapi, menjawab dan menganalisa soal soal NF. Sebagai contoh bidang studi Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Geografi, Sosiologi maupun Sejarah. Pendapat dan jawaban atas sebuah soal bisa jadi berbeda tiap pengajar. Menurut pengajar A, jawaban yang yang benar adalah X, tapi menurut pengajar B, jawaban yang benar adalah Y. Masing masing pengajar memiliki argumentasi yang kuat kenapa jawabannya seperti itu? Disinilah fungsi raker yang amat penting. Menyatukan, membenarkan dan mengetok palu jawaban mana yang sekiranya paling benar. Masing masing pengajar diberi waktu untuk mempresentasikan atas jawaban yang menurutnya benar. Jangankan Bahasa Inggris, bidang studi Matematika dan Fisika saja yang termasuk Ilmu Pasti kadang ada yang berbeda jawabanya.

Terbayang seperti apa jika tidak ada raker? hanya mengandalkan kunci saja. Karena jawaban masing masing pengajar berbeda bisa jadi berimbas ke performa mengajar. Efeknya siswa siswa pada bingung, kenapa jawaban pengajar yang satu dengan yang lain berbeda. Disinilah titik pentingnya mempertahankan kualitas! Kualitas soal, konsep jawaban, dan pengajar.

Penulis : Ollie Maulidzi